Sabtu, 20 Juni 2015

Cara Mempercepat Kinerja Komputer

Saat ini komputer telah menjadi salah satu kebutuhan pokok, keberadaannya pun begitu dibutuhkan oleh hampir setiap orang. Namun bagaimana apabila komputer yang sangat kita harapkan ini ternyata lambat dan tidak bekerja secara maksimal atau tidak sesuai dengan keinginan? Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mempercepat kinerja komputer yang bisa kita praktekkan.

Apabila kita menginginkan komputer kita bekerja lebih cepat dari biasanya, mungkin beberapa tips yang sebentar lagi akan kita baca dapat menjadi sebuah solusi bagi kita semua. Beberapa tips mempercepat komputer ini dapat kita simak step by step apabila menginginkan hasil yang lebih maksimal.

Banyak cara untuk meningkatkan kinerja komputer kita agar lebih cepat dari biasanya. Banyak cara yang terbilang sederhana hingga taraf yang terbilang sangatlah rumit dan perlu keahlian khusus di bidang IT untuk dapat melaksanakannya. Namun apa yang akan kita pelajari bersama kali ini adalah sebuah tips yang sangat sederhana namun juga sangatlah bermakna. Langsung saja, berikut adalah tips cara mempercepat kinerja komputer:

Matikan/Disable Indeks Service

Indexing services merupakan sebuah program kecil akan tetapi memakan banyak memori pada komputer. Indexing service adalah melakukan update daftar file pada komputer. Indexing service inid dapat dimatikan dengan cara; klik start, klik control panel, pilih add/remove programs, pilih add/remove window, components, unchek the indexing service, lalu klik next.

Hapus atau Lakukan Uninstall Terhadap Program yang Tidak Terpakai

Menghapus atau meng uninstall program yang tidak dibutuhkan sangatlah penting, pasalnya program yang tidak dibutuhkan tetapi masih kita simpan hanya akan memakan space di drive kita. Jelas ini akan memperlambat kecepatan komputer kita. Untuk dapat melakukan uninstall pada program yang tidak kita butuhkan kita tinggal masuk pada control panel lalu pilih bagian Program and Features, lalu kita tinggal meng-uninstal terhadap program yang tidak kita butuhkan lagi.

Mengatur Efek Visual ke Posisi Best Perfomance

Windows tentu saja menyediakan beberapa efek visual yang menjadikan tampilan windows dan desktop kita menjadi lebih cantik dan menarik. Namun apabila kita tidak memiliki RAM yang lumayan besar maka hal ini hanya akan memperlambat kinerja komputer kita. Untuk itu kita dapat mengatur dan menyesuaikan efek visual sesuai dengan keinginan kita. Namun pastinya dengan resiko tampilan windows dan desktop kita akan menjadi kurang menarik.

Jangan Memakai Widget Desktop yang Tidak Perlu

Widget desktop adalah sesuatu yang tidak perlu digunakan, seperti jam dan lainnya atau memakai tema komputer yang dapat memberatkan kinerja komputer. Jadi hilangkanlah widget dan rasakan perbedaan dalam kecepatan.

Tutup Program yang Tidak Digunakan

Jangan membiasakan membuka program baru tanpa menutup program yang telah kita jalankan sebelumnya, apalagi kalau program ini menjadi menumpuk. Hal ini tentu akan sangat memberatkan sistem komputer untuk melakukan kerjanya. Untuk itu, tutup semua program, file, maupun folder yang tidak kita gunakan.

Menambah Kapasitas Memori RAM

Menambahkan kapasitas memori RAM adalah salah satu cara paling efektif untuk menambahkan kecepatan ada komputer kita. Tentunya harus dengan mengorbankan uang apabila ingin menempuh cara ini.

Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Mungkin salah satu penyebab lambatnya kinerja komputer kita adalah adanya virus yang menginfeksi sebagian besar isi dari komputer kita. Maka  tidak ada salahnya bahkan dianjurkan  untuk melakukan scan terhadap virus secara rutin.

Membersihkan Desktop

Jangan biarkan file kita berserakan pada desktop kita, hal ini tentunya memberatkan kinerja komputer karena desktop adalah bagian dari disk C yang sebenadnya bukan untuk menampung sesuatu melainkan sebuah sistem.

Lakukan Disk CleanUp

Disk celan up adalah membersihkan file – file berkas yang tidak terpakai sehingga dapat menghemat space harddisk kita. Caranya buka my computer, tentukan mana yang akan kita bersihkan misalnya DATA D, klik kanan, properties, disk clean up.

Bersihkan Semua File yang Terdapat pada Recycle Bin

Salah satu cara untuk mempercepat kinerja komputer kita adalah dengan cara membersihkan sampah yang terdapat pada recycle bin dengan cara menghapusnya.

Nah, itu tadi sedikit tentang cara mempercepatkinerja komputer, sederhana tapi tidak begitu rumit bukan? Malah dapat dikatakan sangat mudah. Untuk itu jangan sungkan untuk mempraktekkannya. Selamat mencoba. (Baca juga tentang:Pengertian Sistem Komputer dan Komponennya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar