Rabu, 02 September 2015

Pengertian dan Macam-macam Software Komputer

Dalam sebuah perangkat komputer ada banyak sekali komponen yang dipakai untuk menjalankan sistem. Perangkat komputer tersebut beragam jenisnya. Salah satu komponen komputer yang dapat kita pelajari adalah software komputer.

Software komputer merupakan bagian komputer yang tidak terlihat. Jadi, software komputer dapat diartikan sebagai perangkat lunak komputer yang dikemas dalam sebuah program. Pada dasarnya, software komputer memiliki peran besar dalam perangkat komputer itu sendiri.

Macam-macam Software Komputer
Pengertian software komputer adalah perangkat lunak komputer yang menghubungkan pengguna (brainware) dengan perangkat keras (hardware) untuk menjalankan sebuah perintah dan menampilkannya dalam bentuk visual, grafik dan suara.

Software komputer bisa juga disebut alat penerjemah perintah-perintah dari pengguna untuk ditransfer ke perangkat keras komputer. Kemudian terjadilah proses dalam sistem komputer yang akan menghasilkan data melalui perangkat output.

Kemudian yang perlu kita bahas selanjutnya adalah macam-macam software komputer. Menurut beberapa sumber, software komputer terbagi dalam 5 kelompok. Adalah sistem operasi, program aplikasi, program tambahan, bahasa pemrograman, dan program paket.

Kelima kelompok tersebut memiliki kegunaan masing-masing yang berbeda-beda. Selain itu, fungsi software komputer dalam kelima kelompok tersebut juga saling berikatan satu sama lain untuk menghasilkan program komputer yang baik dan sesuai instruksi pengguna.

Macam Software Komputer

Sistem Operasi
Berfungsi sebagai alat pengontrol seluruh program dalam komputer. Beberapa perangkat yang mendapat manajemen dari sistem operasi adalah perangkat keras komputer (hardware). Jadi, sistem operasi dapat diartikan sebagai alat untuk mengatur seluruh sistem dalam komputer.

Contoh sistem operasi yang ada pada perangkat komputer saat ini adalah MacOS, Linux, Windows OS dan sebagainya.

Program Aplikasi
Sebuah program yang digunakan untuk menuntaskan beberapa aplikasi yang terdapat dalam perangkat komputer. Program aplikasi bekerja dengan tujuan menyelesaikan tugas-tugas tertentu dalam sebuah aplikasi.

Sebagai contoh dari program aplikasi antara lain: Microsoft Office (Word, Excel, Powerpoint dll), Adobe (Photoshop, Reader dll) dan masih banyak lagi.

Program Tambahan
Berupa software yang sifatnya advance atau tambahan dengan tujuan untuk menyelesaikan beberapa masalah yang tidak dapat diduga sebelumnya. Seperti misalnya, kita ambil satu contoh perangkat program tambahan yaitu Scandisk.

Scandisk ini berfungsi untuk menghilangkan virus dalam sebuah perangkat penyimpanan data. Selain scandisk ada juga program tambahan lainnya seperti WinRar (menggabungkan beberapa file sekaligus), Defrag (membantu memperbaiki hardisk), Tune Up dan sebagainya.

Bahasa Pemrograman
Merupakan instruksi dan aturan berupa kode-kode khusus untuk menyelesaikan suatu tugas dalam sistem komputer. Bahasa pemrograman ada banyak sekali macamnya, dengan fungsi yang berbeda-beda. Contoh dari bahasa pemrograman adalah HTML, Javascript, C+, Phyton, MySql, dan masih banyak lagi.

Demikianlah yang dapat penulis sampaikan mengenai pengertian software komputer dan macam-macamnya. Semoga dapat menjadi bahan referensi untuk anda. (Baca juga tentang: Harga Komputer Rakitan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar