Sabtu, 28 November 2015

Mengenai Teknologi Komputer

Teknologikomputer memanglah berkembang dengan sangat cepat dan hal tersebutlah yang memicu lahirnya perangkat komputer jenis baru, sebut saja tablet, ultrabook, ultrabook hybrid, dan sebagainya.
Lahirnya berbagai perangkat jenis baru yang kini ada tidaklah terlepas dari perkembangan teknologi yang digunakan pada komputer itu sendiri seperti prosesor yang memiliki kecepatan super dan hemat daya, harddisk yang dapat menampung data lebih banyak, pengolah grafis yang semakin berkelas, dan masih banyak lagi segelintir teknologi yang kian berkembang.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai perkembangan teknologi komputer terbaru yang saat ini sedang mengalami tren dan juga banyak diadopsi oleh produsen komputer.

Teknologi Komputer

Diantara teknologi komuter terbaru adalah: 

Prosesor semakin cepat dan efisien


Prosesor merupakan perangkat komputer yang mendapat julukan sebagai otak komputer. Karena prosesor memiliki tugas untuk mengontrol segala sesuatu yang ada pada komputer seperti halnya otak yang mengendalikan tubuh manusia.

Saat ini pasar prosesor dirajai oleh Intel yang menghadirkan teknologi terbarunya yang mampu menghasilkan performa yang lebih super yang diimbangi dengan konsumi daya yang relatif rendah.

Prosesor generasi terbaru milik intel mendapat sebutan “Haswell” yang kini hadir dengan performa yang lebih berkualitas daripada para pendahulunya, Ivy Bridge. Prosesor haswell ini didukung dengan pengolah grafis terbaru keluaran HD Graphics.

Berbeda dengan intel, pihak AMD yang merupakan rival Intel menghadirkan prosesor hybrid yang disebut denga APU (Accelerated Processing Unit) yang menggabungkan antara CPU dengan GPU. Salah satu kelebihan prosesor APU yang dimiliki oleh AMD adalah kinerja grafisnya yang lumayan tinggi karena mengunakan teknologi AMD radeon yang sudah sangat kondang sepak terjangnya dibidang kartu grafis. 

Tren pengunaan SSD

Sebagian komputer generasi terbaru telah menggunakan teknologi terbaru ini. SSD (Solid State Drive) merupakan media penyimpanan yang dapat menggantikan peran harddisk. Lalu apakah kelebihan SSD dibandingkan dengan Hard Disk? Kelebihan paling utama yang dimiliki oleh SSD aadalah kinerjanya yang tinggi melebihi Hard Disk dengan daya konsumsi yang lebih minim, sehingga cocok untuk perangkat mobile seperti notebook atau sistem komputer yang menginginkan performa tinggi.

SSD merupakan perangkat yang tidak menggunakan komponen mekanik seperti yang digunakan pada Hard Disk pada umumnya, sehinga tidak menimbulkan suara ketia beroperasi. SSD saat ini banyak digunakan paad notebook dan komputer kelas menengah keatas. Tak hanya itu, konsumsi daya SSD yang lebih efisien ini juga membuatnya banyak digunakan pada perangkat ultra-portable seperti tablet PC.


Dan masih banyak lagi teknologi komputer yang akhir-akhir ini muncul, namun dua teknologi yang sedang telah kita bahas baru saja merupakan perangkat yang akhir-akhir ini digunakan oleh produsen komputer. Semoga bermanfaat. (Baca juga tentang:  RAKIT KOMPUTER BANDUNG)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar