Minggu, 24 Mei 2015

Cara Belajar Komputer

Pada era globalisasi keberadaan komputer kini menjadi sebuah kebutuhan pokok yang sangatlah dibutuhkan. Faktanya komputer merupakan sebuah alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Komputer sangatlah dibutuhkan oleh berbagai kalangan tanpa memandang usia, dari yang muda hingga yang tua hampir semua membutuhkan keberadaan komputer. Maka tak ayal dari hari ke hari pengguna komputer semakin mewabah dan tak sedikit pula yang ingin mempelajari belajar mengoperasikan alat yang satu ini. Namun lambat laun fungsi pokok dari sebuah komputer kian bergeser dari yang semula untuk meringankan pekerjaan kini beralih pada kepuasan pribadi.

Sebelum kita mulai mempelajari apa itu komputer, sebaiknya kita bertanya kepada diri pribadi kita sendiri. Apakah yang membuat kita tertarik untuk mempelajari komputer? Pasti tiap orang mempunyai jawaban yang beragam dalam menanggapi pertanyaan tersebut, seperti karena tuntutan kerja, iseng, sekedar belajar, ingin menjadi ahli komputer, tak ingin dibilang ketinggalan zaman dan setumpuk alasan lainnya.

cara belajar komputer dengan benar
Berikut adalah tips cara belajar komputer yang mungkin dapat berguna bagi kita yang ingin atau sedang mempelajari komputer:

Bisa Menggunakan Komputer Secara Mandiri
Balajar komputer akan lebih nyaman apabila menggunakan komputer pribadi, sebab dengan memiliki komputer secara pribadi kita akan lebih berkonsentrasi dan bisa berbuat sesuka hati dengan komputer yang kita miliki, kapan pun waktu yang kita inginkan dan tentunya juga tidak diselimuti rasa takut membuat rusak dan harus mengganti rugi atas komputer yang kita pinjam.

Tentukan Tujuan Penggunaan
Seperti yang sudah disinggung di atas, karena apabila tujuan kita belajar komputer lebih terarah maka kita akan lebih cepat dalam menguasai dunia komputer. Jadi menetapkan target dalam belajar komputer juga merupakan sebuah fatkor yang penting. Jadi apabila satu target sudah tercapai kita bisa menentukan target yang akan kita capai selanjutnya.

Pahami Bidang yang Akan Kita Belajari
Dalam belajar komputer tidak bisa dengan mencapur aduk antara bidang yang satu dengan bidang yang lain, jadi kita harus menentukan satu bidang dahulu untuk kita kuasai, misalnya kita memilih di bidang desain grafis seterusnya kita harus mempelajari bidang tersebut beserta softwarenya sampai minimal kita memahami cara menggunakannya barulah kita dapat beralih pada bidang selanjutnya yang kita inginkan. 

Mempunyai Materi Sebagai Dasar untuk Belajar
Referensi juga dibutuhkan dalam proses belajar komputer. Sebab apabila pada suatu saat kita tidak ada yang membimbing dalam proses belajar kita bisa membaca referensi sambil mempraktekkannya langsung di komputer kita.

Sering Berlatih
Belajar komputer sebenarnya tidakla terlalu rumit, namun kemampuan kita akan bertambah secara sendirinya seiring seringnya kita berlatih dan mempergunakannya. Seperti halnya pisau yang tajam, apabila tidak pernah diasah lama kelamaan pasti juga akan tumpul.

Sebenarnya masih banyak tips lain yang dapat kita pelajari dalam rangka belajar untuk mengoperasikan komputer, namun cara belajar komputer yang paling utama adalah hal-hal yang telah diuraikan di atas. Semoga bermanfaat bagi ingin memulai cara belajar komputer.
(Baca juga tentang: Cara Cerdas Menentukan Spesifikasi Komputer Server yang Baik )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar