Kamis, 28 Mei 2015

Cara Mengoperasikan Komputer

Pada zaman modern seperti sekarang ini, menggunakan sebuah komputer kini bukanlah sesuatu yang luar biasa lagi, dengan kata lain telah menjadi sesuatu yang umum di peradaban umat manusia. Untuk menggunakan komputer kita juga tidak perlu memiliki latar belakang pendidikan yang khusus di bidang komputer, cukup dengan bermodal bisa membaca dan menulis, kita sudah bisa mengunakan, dan juga memahami perintah sederhana yang ada pada komputer dan mengoperasikannya.

Menggunakan komputer sangatlah mudah bagi mereka yang telah mahir dalam menggunakannya, namun bagaimana dengan yang masih dalam tahap pemula atau belajar? Awalnya kita pasti akan menemukan berbagai kesulitan karena belum terbiasa melakukannya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai cara mengoperasikan komputer yang akan disajikan secara sederhana dan mudah untuk diterapkan.

mengoperasikan komputer
Secara umum, cara mengoperasikan komputer terbagi menjadi tiga tahapan utama, yaitu bagaimana cara menyalakan komputer, bacaimana cara mengoperasikan komputer, dan bagaimana cara mematikan komputer. Berikut akan diuraikan bagaimana ketiga cara yang telah disebutkan sebagai referensi tambahan untuk kita.
menyalakan komputer

Menyalakan Komputer

Sebelum kita menyalakan komputer, ada beberapa hal yang tentu saja kita pastikan seperti keyboard, mouse, monitor, dan kabel ower dalam keadaan terhubung atau belum dan memastikan PC sudah terinstall dengan Sistem Operasi. Berikut adalah cara bagaimana untuk menyalakan sebuah komputer.

Tekan tombol power / power button yang terdapat pada CPU selanjutnya diikuti dengan menekan tombol power yang ada pada monitor.
Tunggu proses loading hingga muncul jendela windows dan komputer / PC kini telah siap untuk digunakan.

Mengoperasikan Komputer

Setelah komputer dinyalakan dan siap untuk digunakan, maka proses selanjutnya adalah mengoperasikannya. Disana telah tersedia berbagai program yang dapat kita gunakan, dan gunakanlah komputer sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita. Saat mengoperasikan komputer memang mencoba hal yang baru memanglah baik bagi kita yang berada dalam tahap belajar, tapi alangkah baiknya bila menggunakan komputer diiringi dengan buku panduan ataupun dengan didampingi dengan orang yang lebih dulu berkecimpung di dunia komputer dengan demikian kita dapat menggunakan komputer sesuai dengan porsi dan kebutuhan kita.
mematikan komputer

Mematikan Komputer

Untuk mematikan komputer, terdapat pula beberapa tahap yang juga harus diperhatikan, yaitu:
Tutup semua program yang kita gunakan sebelumnya.
Klik start button (pojok kiri bawah) lalu pilih “shutdown” yang terdapat pada menu sebelah kanan.
Tunggu hingga komputer telah benar-benar dalam keadaan mati, lalu matikan layar dengan menekan power button dengan cara yang sama seperti saat kita menghidupkan komputer.
Terakhir cabut beberapa kabel yang berhubungan dengan aliran listrik untuk mengantisipasi terjadinya konsleting listrik.

Langkah yang terurai dalam wacana di atas haruslah dilakukan dengan benar apabila kita menginginkan komputer kita awet dari resiko kerusakan. Menyalakan dan mematikan komputer secara benar akan dapat memperpanjang usia pemakaian komputer kita dan dapat menjaga komputer kita agar tetap sehat. Semoga bermanfaat. (Baca juga tentang: Sejarah singkat komputer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar