Rabu, 27 Mei 2015

Sejarah Singkat Komputer

Sejarah awal munculnya komputer terjadi pada tahun 1822  diawali dengan terciptanya sebuah  alat hitung bernama Difference engine yang pertama kali dibuat oleh seorang pakar matematika berdarah Inggris yang bernama bernama Charles Babbage. Ia telah menciptakan sebuah alat hitung yang dapat digunakan untuk menghitung sebuah table-tabel matematik.

Kemudian, beberapa tahun setelah munculnya alat hitung tersebut tepatnya pada tahun 1833, Charles Babbage telah berhasil menyempurnakan Difference Engine miliknya dengan konsep yang lebih mendalam dan umum yang kemudain ia beri nama Analytical Engine. Alat ini diberi kemampuan agar dapat menghitung berbagai kalkulasi apa saja, sehingga untuk pertama kalinya alat ini dikenal dengan sebutan Purpose Digital Komputer.

Penemuan besar Charles Babbage ini merupakan sebuah sumbangan besar bagi dunia perkomputeran sekarang ini, pasalnya prinsip kerja dari kedua alat penemuan Charles Babbage merupakan prinsip yang menjadi sebuah dasar yang melandasi terciptanya komputer saat ini. karena penemuan besarnya ini Charles Babbage diuluki sebagai “Bapak Komputer Modern”.

Kemudian tak kurang dari lima tahun setelah diperkenalkannya Analytical Engine, seorang ahli di bidang matematika Prof. Howard Aikem dari Universitas Harvard mulai merancang sebuah komputer yang didalamnya terdapat program yang memungkinkannya melakukan operasi logika dan aritmatika secara otomatis yang dapat diselesaikan secara mekanik elektronik pada tahun 1937. Namun berkat bantuan dan dukungan dari pihak Perusahaan IBM alat itu dapat terselesaikan secara elektronik yang kemudian di beri nama “Harard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC) pada tahun 1944.

sejarah komputer
Komputer ini adalah sebuah impian Charles Babbage yang kemudian berhasil di realisasikan oleh Howard Aikem. Komputer buatan Prof. Howard Aikem tersebut langsung menjadi populer pada masa itu, namun apabila dibandingkan dengan komputer pada zaman sekarang ini komputer buatan Howard Aikem sudah jelas mempunyai beragam perbedaan yang begitu mencolok baik dari segi fisik, fitur, maupun kecepatannya.

Demikianlah sejarah singkat terlahirnya sebuah mesin yang menjadi teman kita setiap hari yang bernama Komputer. Somoga postingan ini dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah komputer bagi semua orang. (Baca juga tentang: Pengertian Speaker Komputer dan Fungsinya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar