Kamis, 14 April 2016

Penyebab Baterai Android Boros Dan Solusi

Android memang membutuhkan baterai dengan daya yang lebih tinggi di bandingkan dengan ponsel jenis biasa. Hal ini patut di maklumi karena android memang melakukan lebih banyak 'aktivitas'. Dengan terhubung secara terus menerus pada akses internet, beterai android seringkali menjadi sebuah masalah. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa penyebab baterai android borosdan beberapa solusi mudah yang dapat anda kerjakan. Apa masalah dan bagaimana cara menghemat baterai android? Simak beberapa penjelasan berikut ini.

Aplikasi tidak di perbaharui
Sebagai penyebab borosnya baterai android yang pertama, anda dapat melihat jika aplikasi yang tidak di perbaharui menjadi salah satu faktor utama. Kok bisa? Ya, setiap hari, developer menerima ratusan masukan dari pemakai terkait aplikasi yang mereka kembangkan. Para developer tentu saja selalu memberikan update aplikasi mereka yang fungsinya untuk memberikan performa yang lebih bagus dan menurunkan daya pakai nya. Dengan aplikasi yang tidak di perbaharui, android memerlukan daya yang lebih besar. Solusinya? Perbarui aplikasi anda secara berkala!
cara mengatasi baterai android boros

Sinyal yang tidak stabil
Android akan selalu berusaha mencari sinyal terbaik untuk memberikan akses yang cepat untuk anda. Akan tetapi, sinyal yang tidak stabil juga menjadi salah satu penyebab baterai android boros yang kalian harus ketahui. Tentu, ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal dan membutuhkan daya baterai yang lebih besar. Untuk masalah ini, solusinya adalah gunakan simcard yang memiliki sinyal cenderung lebih stabil. Akan lebih baik jika anda menggunakan wifi untuk akses online anda. Tentu, sinyal dari wifi lebih stabil dibandingkan sim card biasa.

Banyaknya aplikasi online
Selain itu, banyaknya aplikasi online yang berjalan di background menjadi salah satu penyebab borosnya baterai android anda. Tentu, aplikasi online android memerlukan daya baterai untuk memberikan service. Nah, anda perlu cermat dalam hal ini. Solusi paling mudah yang dapat anda lakukan adalah meninimalisir penggunaan aplikasi online tersebut. Anda dapat menguninstall beberapa aplikasi yang tidak anda gunakan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan beberapa aplikasi terkait seperti greenfy atau operamax untuk mematikan aplikasi yang tidak di gunakan.

Masalah pada display atau layar
Hal selanjutnya yang harus anda pahami adalah kondisi layar android anda. Ya, kondisi layar android merupakan salah satu penyebab baterai android boros yang marak terjadi. Ada beberapa sebab yang perlu anda ketahui. Yang pertama adalah layar yang terlalu cerah. Di sini, anda perlu menset ulang screen timeout dan brightness layar anda. Selain itu, banyaknya widget yang anda gunakan juga dapat menyebabkan baterai menjadi boros. Oleh karena itu, hapus saja beberapa widget yang tidak anda gunakan untuk lebih menghemat baterai. (Baca: Game Modifikasi Mobil Untuk Android Gratis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar