Jumat, 26 Februari 2016

Fungsi Tombol Keyboard Yang Wajib Anda Tahu

Fungsi tombol keyboard memiliki kegunaan yang berbeda beda. Pada dasarnya secara umum tombol keyboard berfungsi untuk memberikan input masukan pada komputer. Input yang diberikan bisa berupa karakter tulisan, angka, simbol dan lain lain yang kemudian akan diproses oleh cpu sehingga menghasilkan sebuah tampilan atau kerja tertentu dari komputer atau layar komputer atau laptop. Keyboard akan mengirim data elektrik ke cpu sehingga bisa diproses.
fungsi tombol kombinasi keyborad

Tombol keyboard kombinasi beserta fungsinya

Keyboard bisa digunakan untuk membuat sebuah shortcut yang mampu memberikan perintah pada komputer atau laptop. Kombinasi tombol perintah ini sering disebut dengan keyboard shortcut. Penggunaan tombol kombinasi pada keyboard sangat berguna untuk tidak selalu menggunakan mouse. Ada banyak sekali jenis kombinasi tombol keyboard yang menghasilkan perintah tertentu, mulai dari yang sering di gunakan hingga yang sering orang awam belum tahu kegunaan dan triknya. 
Fungsi tombol keyboard untuk melakukan copy pada komputer misalnya adalah dengan menggunakan kombinasi ctrl + c. Hal ini memudahkan nada untuk mengcopy file tanpa harus mengklik kanan untuk melakukan penyalinan file. Selain itu misalnya untuk memotong file anda bisa menggunakan kombinasi ctrl + x, untuk menyalinnya pada sebuah halaman atau file baru anda bisa menggunakan ctrl + v. Selain itu untuk melakukan undo atau cancel anda bisa menggunakan ctrl + z. Sedangkan untuk mengembalikan kondisi awal sebelum di balikkan menggunakan ctrl + y.

Kombinasi tombol keyboard untuk shortcut lainnya misalnya adalah untuk mencari form pencarian untuk aplikasi tekan ctrl + f berbarengan, untuk memindahkan tab, anda hanya peru menekan ctrl + tab untuk memindahkan tab browser dengan mudah, untuk memblok semua halaman atau file gunakan ctrl + a. Untuk menyimpan silahkan klik ctrl + s. Selain itu yang jarang di gunakan misalnya untuk menutup tab aplikasi yang ada pada sebuah halaman di web browser misalnya anda bisa dengan mudah menggunakan kombinasi tombol keyboard ctrl +w. Untuk membuka tab yang baru saja tertutup anda bisa menekan ctr + shift + t.

Fungsi keyboard komputer yang di gunakan untuk shortcut masih banyak sekali. Misalnya untuk membuka windows explorer anda tinggal menekan ctrl + e. Untuk memunculkan run dengan cepat silahkan klik tombol bendera + r. Untuk mematikan komputer dengan cepat anda bisa mencoba menggunakan kombinasi bendera + f4 kemudian enter. Untuk menutup aplikasi dengan cepat anda juga bisa menggunakan kombinasi keyboard berikut ini yaitu alt + f2. Selain itu anda juga bisa mencoba untuk menggunakan kombinasi ini untuk memindahkan kursor dengan mudah adalah ctr + home dan ctrl + end. Untuk menggerakkan halaman atau scrol ke atas atau ke bawah anda bisa menggunakan page up, page down. 
Berikut ini kombinasi tombol keybord:
CTRL+ C = Copy
CTRL + X = Memotong/Cut
CTRL + Z = undo/ kembali ke awal
CTRL + V = Menyalin halaman baru
CTRL + F = Untuk mencari
CTRL + Tab = memindahkan browser
CTRL + a = memblok salinan
CTRL + N = Membuka aplikasi baru (words,excel dll)
Windows (tombol bendera) + E = Membuka explorer windows
Windows (tombol bendera) + R= membuka run
ALT+F2 = menutup aplikasi
dan masih banyak lainnya..

Semoga bermanfaat. Baca juga Inilah Jenis Jenis Motherboard Yang Wajib Anda Tahu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar