Minggu, 07 Februari 2016

Pengertian Keamanan Komputer

Keamanan komputer sejatinya diperhatikan betul oleh penggunanya. Dalam hal ini, keamanan komputer merupakan hal terpenting ketika kita mengoperasikan komputer untuk keperluan apapun. Perusahaan besar mestinya memberi porsi lebih untuk meningkatkan keamanan komputer. Alasannya sederhana, apabila keamanan komputer lemah maka hal-hal yang tidak diinginkan pun dapat terjadi dengan mudahnya. Oleh sebab itu, pengguna komputer yang pintar tentu melihat sisi waspada sehingga mengerahkan kemampuan untuk sebisa mungkin keamanan komputer tergolong optimal.
Tutorial Keamanan Komputer

Lalu, mengapa dalam jaringan komputer membutuhkan keamanan komputer? Secara lebih detail, keamanan komputer harus ada dalam sebuah jaringan komputer. Beberapa hal terkait alasan mengapa keamanan komputer harus optimal dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini:

  • Memperbaiki perlindungan sistem komputer dari kerentanan, sebab kerentanan sistem dapat memberikan kemudahan kepada orang yang tidak berhak untuk melakukan akses menuju komputer kita.
  • Meminimalisir risiko ancaman yang biasa dialami oleh institusi ataupun perusahaan swasta, sebab ada beberapa penyusup yang dapat dengan mudah menyerang sistem komputer.
  • Meningkatkan perlindungan terhadap gangguan alam, terkait hal itu ada beberapa macam gangguan seperti sambaran petir, derasnya hujan, kabut angin yang besar dan sebagainya.
  • Menghindari risiko terjadinya penyusupan terkait program-program rahasia yang dimiliki oleh perusahaan besar, sebab melalui sistem keamanan komputer yang rapuh para penjahat dapat mencuri data-data penting dalam komputer kita.


Dalam sistem keamanan komputer, terdapat beberapa hal yang dinamakan dengan “istilah keamanan komputer”. Beberapa hal terkait dengan istilah keamanan komputer dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini:

Information Based Society

Merupakan sekumpulan informasi dalam bahasa lokal yang menjadi komoditi dalam keamanan komputer yang bisa dibilang sangat penting. Informasi dalam komputer yang akurat haruslah diberikan pengamanan yang lebih. Berbagai sajian informasi dapat diakses dengan lancar oleh anggota dalam organisasi terdapat keamanan komputer yang optimal. Baik itu organisasi berbentuk komersil (perusahaan), lembaga pemerintahan, perguruan tinggi atau bahkan individual.

Secutiry Hole

Merupakan istilah untuk lubang keamanan. Dalam artian keamanan komputer dapat dengan mudah dibobol oleh orang tak berhak melalui security hole ini. Oleh sebab itu, operator jaringan komputer diharapkan mampu mengatasi hal ini. Mereka harus dengan sigap dan cermat dalam meningkatkan perlindungan melalui keamanan komputer. Segala aspek dalam sebuah jaringan komputer haruslah memenuhi syarat agar keaman komputer dapat dioptimalkan.


Nah, sampai di sini dulu penjelasan dari penulis mengenai keamanan komputer beserta sistem dan istilah di dalamnya. Semoga dapat memberi kejelasan yang mutakhir kepada pembaca setia situs ini. Selamat belajar dan semoga berhasil. (Baca juga artikel lainnya: CARA MENAMPILKAN DATABASE MYSQL ODBC KE DELPHI 7)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar