Kamis, 11 Februari 2016

Mau Tau Sejarah Komputer Lengkap? Mari Simak

Sejarah komputer lengkap akan menjadi bahasan utama dalam tulisan ini. Untuk itu bagi Anda yang belum tahu betul tentang sejarah perkembangan komputer, penulis harap Anda dapat mengikuti penjelasan demi penjelasan dengan serius.

Langsung saja, awal sejarah perkembangan komputer bermula pada saat penemuan yang dilakukan oleh Charles Babbage. Ia berhasil menciptakan sebuah mesin yang ia beri nama Differene and Analitycal Engine. Mesin tersebut pada awalnya berfungsi sebagai penghitung angka. Dan, mulai sejak itulah beberapa penelitian tentang bagaimana mengembangkan mesin hitung yang lebih praktis dan mudah dioperasikan.

Beberapa ilmuwan berhasil mengembangkannya hingga menjadi sebuah perangkat komputer. Dari tahun ke tahun teknologi komputer berubah-ubah sehingga terdapat istilah komputer generasi pertama, kedua hingga kelima. Sejarah perkembangan komputer lengkap dari generasi ke generasi akan penulis ulas, berikut dapat Anda simak:

sejarah komputer lengkap dari generasi ke kegenerasi

Komputer Generasi Pertama
Komputer pada generasi ini diberi nama Electronic Numericaal Integrator And Computer yang kemudian disingkat menjadi ENIAC. Ciri komputer dalam naungan generasi I antara lain: banyak tabung hampa dengan ukuran cukup besar, tidak efektif untuk penempatan, tidak dapat menyimpan data dalam kapasitas besar dan sebagainya. Oleh kekurangan itulah para ilmuwan kembali memutar otak hingga ditemukannya komputer generasi kedua.

Komputer Generasi Kedua
Menilik kekurangan yang dialami oleh beberapa komputer pada generasi pertama, ilmuwan andal kemudian mencoba menciptakan sebuah komputer yang pada masa saat itu diberi nama Komputer Generasi II. Dalam masa-masa ini, komputer dirancang sedemikian rupa dengan mengimbuhkan perangkat transistor untuk menghemat tempat sekaligus daya. Sejak generasi ini, kemudian muncul beberapa bahasa pemrograman seperti ALGOL, COBOL serta FOTRAN. Apabila dilihat dari segi ukuran, komputer generasi ini lebih kecil dari generasi sebelumnya serta mampu menyimpan data lebih besar. Pembandingnya yaitu sebesar ukuran meja kerja. Para ilmuwan menamai komputer generasi kedua dengan sebutan UNIVAV atau Universal Automatic Computer.

Komputer Generasi Ketiga
Manusiawi apabila merasa kurang puas, begitu pula yang dialami oleh para ilmuwan yang meneliti tentang teknologi komputer. Pada masa generasi ketiga, ilmuwan-ilmuwan andal mulai mengembangkan perangkat komputer dari generasi-generasi sebelumnya. Merasa transistor kurang efektif, kemudian digantikanlah dengan perangkat IC (integrated circuit) yang berhasil ditemukan oleh Insinyur dari Texas bernama Jack Kilby yang tercatat pada 1958 lalu. Kemudian dalam generasi ketiga ini muncul microprosesor untuk mengoptimalkan kinerja komputer. Perangkat ini kemudian dinamakan Intel 4004, tepatnya pada 1971.

Komputer Generasi Keempat
Teknologi yang terus mengalami perkembangan pesat diiringi dengan perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Hingga pada generasi keempat, perombakan baik sisi hardware maupun software terjadi. Pada generasi ini tepatnya tahun 80-an muncullah komputer dengan teknologi LSI (large scale integration). Dalam teknologi LSI, para ilmuwan mencoba mengembangkan sebuah kepraktisan yaitu ribuan IC dapat digabungkan menjadi sebuah chip berukuran kecil. LSI masih kurang efektif, kemudian dikembangkan lagi hingga muncul versi terbaru yaitu VLSI atau Very Large Scale Integration.


Dalam generasi inilah kita berada, berbagai komputer telah mengalami perombakan secara besar-besaran. Komputer pada generasi ini masihlah angan-angan, yaitu masih berupa konsep. Konsep tentang komputer generasi kelima sering disebut dengan komputer masa depan. Para ilmuwan tengah mengembangkan beberapa teknologi temuan yang pada tujuannya ingin menciptakan komputer yang canggih di luar akal pikiran manusia. Hingga saat ini, komputer generasi kelima masih dalam konsep dan terus dikembangkan oleh berbagai perusahaan serta ilmuwan andal. (Baca juga artikel teknologi lainnya: Pengertian Keamanan Komputer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar