Minggu, 20 Desember 2015

Belajar Teknik Komputer

Siapa yang tahu apa itu teknik komputer? ya, Teknik komputer merupakan salah satu fakultas yang dapat diambil di bangku perguruan tinggi. Teknik komputer adalah hasil dari sebuah perpaduan antara Ilmu Komputer dan Ilmu teknik Ekeltronik yang segala sesuatu baik perangkat keras (hardware) hingga perangkat lunak (software) yang ditekankan pada kinerja sistem komputer dan arsitektur fungsional. Teknik komputer addalah teknik yang ditekankan secara khusus terhadap sistem komputer yang berkaitan dengan upaya peningkatan kinerja sistem yang tentu saja berkaitan pula dengan yang namanya aspek ekonomi sistem beserta evaluasi kinerja sistem yang terdapat dalam sebuah komputer.
belajar teknik komputer

Lalu, apa yang akan kita pelajari di dalam teknik komputer?

Bidang yang dikaji dalam teknik koputer lebih ditekankan pada pemanfaatan sistem komputer sebagai pengaturan otomatis, perbandingan teknoloho perangkat keras (hardware), bagian dari sistem jaringan, trade-off dalam rancangan hardware maupun software, dampak perubahan teknologi terhadap feasibilitas, interaksi antar sistem arsitektur. Rancangan sistem hardware maupun software, hingga simulasi sistem komputer dipandang sebagai bagian dari infrastruktur suatu organisasi.

Dalam teknik komputer ini, mahasiswa telah dirancang agar dapat menguasai dan ahli di berbagai bidang, antara lain:
  • Pemrograman Komputer
  • E-commerce
  • E-commerce dan Internet
  • Sistem Jaringan Komputer
  • Analisis dan Desain Bisnis
  • Desain & Animasi Web
  • Aplikasi Client Server 

Lantas, bagaimanakah prospek lulusan teknik komputer?

Lulusan teknik komputer digadang akan dapat mengoperasikan dan mengembangkan produk teknologi informasi khususnya di bidang produk perangkat lunak (software), membuat program aplikasi berskala kecil hingga kelas menengah, mengelola pusat komputasi termasuk aspek manajemen data, Mengelola siklus hidup suatu perangkat lunak, administrasi data, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi berbasis komputer, kontrol pelaksanaan prosedur dan aliran informasi, mampu berkomunikasi formal dengan stakeholder dan memiliki wawasan tentang kecenderungan aplikasi informatika dan teknologi.

Prospek kerja bagi lulusan Teknik Komputer diantaranya sebagai System Engineer, Network Engineer, Network Professional, Embedded System Engineer, R&D Engineer, Robotics Engineer, Control Engineer, IT Consultant, Technopreuneur dan Computer Engineering Lecturer. Lulusan Teknik Komputer dapat bekerja di beberapa sektor seperti:
Pemerintahan (berbagai instansi pemerintah seperti Departemen Komunikasi Dan Informasi, Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, atau menjadi dosen di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta serta bekerja di lembaga penelitian yang ada di Indonesia seperti LIPI, BPPT, dan lain-lain)
Swasta (PT. INDOSAT, PT. Tricomindo, PT.Telkom, PT. Ericsson Indonesia,PT. Elnusa, Tbk dan lain-lain)
Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Komputer :
  • Politeknik Negeri Bandung (POLBAN)
  • Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  • Politeknik Negeri Jember
Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan kita tentang teknik komputer dan mengetahui prospek masuk di dunia komputer. (Baca juga artikel: APLIKASI KOMPUTER TERBARU)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar