Sabtu, 26 Desember 2015

Cara Install Komputer Baru Secara Mudah

Setelah kita berhasil merancang sebuah PC memang tidaklah langsung bisa kita pergunakan, atau terkadang saat membeli komputer baru juga tidak bisa dipergunakan secara langsung, perlu satu langkah lagi agar PC siap kita nikmati. Beda dengan saat merakit komputer alat yang paling kita gunakan adalah obeng dan harus menempatkan berbagai komponen dengan sesuai yang terbilang cukup rumit, namun beda dengan proses installisasi ini kita hanya perlu mengklik dengan mouse saja.
instal komputer baru

Langkah-langkah dalam menginstall komputer baru secara mudah adalah sebagai berikut:

Langkah 1
Pastikan bahwa keyboard, mouse, monitor dan perangkat lainnya sudah terhubung dengan PC. Dan yang paling utama adalah jangan sampai lupa untuk menghubungkan kabel power yang ada di belakang PC dengan sumber arus yang ada. Setelah dipastikan semuanya sudah siap kita tinggal menekan Power Button yang ada pada PC dan monitor kita sehingga PC akan segera melaukan proses booting.

Langkah 2
Sesegera mungkin menekan “Del” pada keyboard untuk memasuki CMOS Setup/Menu BIOS.

Langkah 3
Setelah memasuki tamplan BIOS hal pertama yang kita lakukan adalah mengatur waktu yang akan dipergunakan pada sistem komputer dengan menekan tombol (+) atau (-) dan tombol “tab” untuk opsi pengaturannya, lalu tekan “enter” untuk menginjak pada langkah yang selanjutnya.

Langkah 4
Lalu kita juga harus mengatur tanggal pada System Date dengan cara yang sama dengan langkah ke 3.

Langkah 5
Selesai mengatur waktu dan tanggal pada BIOS. Agar system BIOS kita tidak dapat dirubah oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, kita dapat memasukkan password/sandi kedalam BIOS kita pada pilihan Supervisor Password.

Langkah 6
Apabila status sudah menyatakan “enabled” maka langkah kita selanjutnya adalah memilih menu “Advanced” dengan menekan arah kanan pada keyboard, lalu dengan menggunakan arah bawah, pilihlah sampai posisi [PCI Configuration] kemudian tekan “enter” lalu aktifkan fungsi USB kita dengan cara membuatnya menjadi status “enable” dengan cara memilih lalu menekan (+) pada keyboard. Jika sudah tekan (esc) untuk kembali ke menu Advanced.

Langkah 7
Untuk mempermudah penginstalan Operating System atau Sistem Operasi setelah ini, ubahlah pola Boot dari PC pada Menu Boot. Atur CD ROM sebagai Boot device pertama, kemudaian hard disk sebagai boot device kedua, dan floopy boot device pada posisi ketiga, lagi – lagi menggunakan tombol (+) dan (-) yang terdapat pada keyboard. Fungsi dari pengaturan ini adalah agar ketika melakukan booting  komputer akan mencari sumber sistem poerasi yang terdapat pada CD ROM, Boot Device, dan Floopy Boot Device secara berurutan.

Langkah 8
Langkah yang terakhir adalah memasukkan CD instalasi Windows yang telah kita siapkan sebelumnya kedalam CD-ROM drive. Setelah itu pilih menu EXIT, kemudian pilih EXIT Saving Changes untuk keluar dari tampilan menu BIOS an menyimpan segala pengaturan yang baru saja kita buat. Selanjutnya Komputer akan melakukan Restart dengan sendirinya.

Dan selamat kita telah berhasil melakukan cara install komputer baru di atas, dan sekarang komputer kita siap untuk digunakan.


Demikianlah beberapa tahap sederhana dalam melakukan install pada komputer baru kita, semoga apa yang penulis buat ini dapat membantu memecahkan masalah para pembaca dalam melakukan proses Install. Semoga bermanfaat. (Baca juga: BELAJAR TEKNIK KOMPUTER)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar