Kamis, 31 Desember 2015

Sekilas Pengenalan Dasar Tentang Komputer

Kerapkali mendengar kata “komputer”, mungkin pembaca sudah paham secara mendasar tentang apa itu komputer. Komputer adalah perangkat elekronik yang terdiri atas beberapa komponen yang saling mendukung. Cara kerja komputer pada dasarnya hanya menerima perintah dari user lalu memprosesnya dan menampilkan dalam bentuk visual dan audio.

Zaman modern seperti sekarang ini tentu kita tak akan mudah untuk lepas kendali dengan perangkat komputer. Hampir segala aktivitas yang kita lakukan setiap harinya selalu berhubungan dengan komputer. Entah itu aktivitas bagi pelajar yang mencari-cari materi pelajaran dengan komputer dan jaringan internet, atau bahkan bagi pekerja kantoran sebagai andalan utama untuk menjalankan tugasnya.

Komputer layaknya robot yang sangat mudah kita kendalikan. Pekerjaan manusia modern telah berhasil dilaksanakan dengan baik menggunakan perangkat komputer. Dengan demikian, sudah semestinya apabila kita bersyukur atas kehadiran teknologi canggih seperti komputer sehingga segala aktivitas yang seharusnya kita kerjakan dapat dengan baik diproses oleh komputer.

Nah, sampai di sini tentu Anda sudah tahu bukan, tentang komputer? Selanjutnya yuk mari kita mengenal satu per satu bagian-bagian komputer. Komponen atau bagian komputer terbagi atas 2 bagian, yaitu komponen internal dan komponen eksternal.

pengenalan dasar komputer

Kita bahasa komponen eksternal terlebih dahulu yang terdiri atas empat komponen, yaitu CPU, Monitor, Mouse, Keyboard. CPU merupakan pusat kendali komputer yang di dalamnya terdapat beberapa komponen seperti prosesor, motherboard, hard disk, power supply dan masih banyak lagi. Monitor, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan data dalam bentuk visual (gambar, video).

Lalu mouse, disebut mouse karena bentuknya mirip tikus. Perangkat ini berfungsi untuk menunjukkan kursor dalam layar monitor sehingga dapat dengan jelas apabila pengguna ingin mengoperasikan komputer. Kemudian selanjutnya adalah keyboard, yang berfungsi untuk memasukkan perintah tertentu dengan menekan tombol-tombol khusus.

Komponen ekternal lainnya antara lain: Printer yang berfungsi untuk mencetak halaman ke media kertas; DVD-Room berfungsi membaca disk CD/DVD; Modem berfungsi untuk menghubungkan perangkat komputer dengan internet. Dan masih banyak lagi komponen eksternal komputer, namun ulasan tersebut dirasa cukup sebagai pengenalan dasar tentang komputer.


Mungkin sampai di sini penulis menjabarkan informasi terkait segala hal tentang komputer. Semoga dapat memberikan manfaat kepada anda. Terima kasih (Baca juga:WAROENG KOMPUTER MANGGA DUA MALL)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar